Senin, 28 November 2011

SOFTWARE AKUNTANSI

Software akuntansi dengan modul Account Payable, Account Receivable, Inventory, dan General Ledger yang terintegrasi.

Ada banyak fitur yang tersedia di Accurate 3. Fitur besar yang terdapat di versi ini adalah:
1. Pajak masukan di modul pembelian (Purchase order dan Purchase Invoice)
2. Harga satuan yang termasuk pajak (Inclusive Tax) di semua form yang ada hubungan dengan pajak (PPN).
3. Template untuk semua form dengan designer yang lebih mudah dan field-field yang lebih lengkap
4. Ongkos kirim (Freight) untuk modul pembelian dan penjualan
5. Sepuluh buah custom field yang tersedia di semua form yang berhubungan dengan item.
6. Perhitungan komisi Saleman yang lebih lengkap.
7. Penambahan modul Rekonsiliasi Bank.
Selain fitur-fitur besar di atas, berikut perincian penambahan / perbaikan fitur yang telah dilakukan di versi 3: Customer & Vendor
• Bisa mengisi Saldo awal lebih dari 1 invoice.

Purchase Order
• Ada penambahan field Terms, dan FOB
• History PO bisa dilacak dengan mudah.
• Uang muka PO sudah dipindahkan ke form Vendor Payment (d/h: Make Payment).

Purchase Invoice

• Terdapat field Fiscal Rate untuk pembelian mata uang asing dengan PPN.
• Field Rate dan Fiscal Rate bisa diedit.
• Ongkos kirim yang diisi bisa dibebankan ke vendor yang lain. Berguna bagi importir yang umumnya vendor forwarder-nya berbeda dengan supplier.
• Ongkos kirim dan discount bisa dialokasikan ke cost inventory.
• Item discount di masing-masing detail.
• Purchase Invoice dan Receive Item sudah terpisah. Masing-masing memiliki hak user yang terpisah.
• Penambahan nomor urut agar mempermudah pelacakan dokumen / data.
• Pembayaran (uang muka) bisa menggunakan cek yang tanggalnya berbeda dengan tanggal invoice.

Receive Item
• Tidak menjurnal ke Hutang dagang lagi, namun ke: Barang yang belum ditagih (Unbilled goods).
• Beberapa penerimaan barang bisa ditagih di dalam satu tagihan (Bill) dan hanya memunculkan 1 invoice yang harus dibayar.
• History penerimaan barang diambil dari PO nomor berapa dan ditagih di Bill nomor berapa dengan mudah dilacak.

Purchase Return (d/h: Debit Memo)
• Nilai retur bisa memasukkan nilai Tax, Freight dan Discount dari Purchase Invoice.
• Perhitungan cost retur sudah lebih baik.

Vendor Payment (d/h: Make Payment)
• Setiap form ada nomor urutnya agar mempermudah pengarsipan.
• Ada payment date.
• Bisa untuk pembayaran PPN (fiscal payment).
• Bisa melakukan Settlement antara Downpayment PO dengan PI.

Sales Order
• Ditambahkan field Salesman
• Bisa menghitung PPN di SO.
• Bisa dengan mudah mengetahui oleh SI mana telah diproses.
• Dengan mudah mengubah kena pajak/tidak sebuah order.
• Uang muka SO sudah tidak bisa dilakukan langsung lagi, melainkan harus di Customer Receipt.

Sales Invoice / Delivery Order
• Item service dari SO bisa diproses lebih dari 1 Sales Invoice
• Sales invoice telah dipisah dari DO. Masing-masing memiliki hak akses dan penomoran yang berbeda.
• Jurnal DO tidak ke akun piutang lagi.
• Dengan mudah bisa dilihat SI tertentu telah diretur ke mana saja.
• Nomor urut faktur pajak telah disimpan di dalam SI yang bersangkutan.
• Nomor PO sekarang = 20 karakter.
• Invoice dengan mudah bisa di-set kena pajak / tidak.

Sales Return ( d/h :Credit Memo )

• Perbaikan perhitungan cost retur. Saat ini, setiap retur akan mencari cost invoice yang terakhir (metoda Average dan FIFO yang tidak ambil dari SI).
Customer Receipt (d/h: Cash Receipt)
• Write off piutang bisa dilakukan ke lebih dari 1 account.
• History Overpay bisa diketahui siapa yang memanfaatkannya.
• Bisa edit rate pembayaran.
• Bisa melakukan settlement antara downpayment SO dan SI.

Item & Inventory
• Saldo awal (Opening Balance) bisa diisi per gudang.
• Setiap item mempunyai 10 custom field yang masing-masing bisa diisi sampai 80 karakter. Field ini bisa dipakai untuk menambah informasi khusus bagi user.
• Item sales discount bisa dijurnal ke account yang berbeda dengan invoice discount.
• Dari daftar item bisa diketahui dengan mudah saldo item induk (parent) yang mempunyai hubungan parent-child.
• Tabel Item by Warehouse sudah ditampilkan dalam urutan Parent-child-nya.
• Ada pilihan apakah saldo di gudang diperbolehkan / tidak untuk menjadi minus.
• Pada Item Transfer bisa memunculkan unit price begitu juga untuk report mutasinya (untuk konsinyasi).
• Job costing bisa roll-over ke lebih dari 1 barang.

Fixed Asset (Aset Tetap)
• Revaluasi aset tetap untuk penyesuaian perhitungan penyusutan bila terdapat perbedaan.
• Perbaikan pada jurnal depresiasi
• Bisa mengisi Intangible Asset.
Journal Voucher, Other Payment (d/h: Direct Payment) & Other Deposit:
• Penambahan form Other Deposit untuk penerimaan uang diluar piutang.
• Pemisahan antara form Journal Voucher dan Other Payment sehingga masing-masing bisa memiliki nomor urut yang berbeda.
• Deskripsi yang lebih panjang (80 karakter).

Laporan (Report)
• Laporan yang lebih lengkap dan tepat.
• Bisa mengatur lebar kolom saat preview.
• Bisa mengganti filter atau mengubah kolom yang ditampilkan sebelum preview.
• Field-field yang berhubungan disediakan di dalam pilihan dengan lebih lengkap.
• Unlimited filter untuk masing-masing kolom.
• Tipe, ukuran dan warna font bisa di-set tanpa perlu masuk ke report designer.
• Untuk setting bahasa Indonesia, semua report sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.
• Laporan form 1195 A1, A2, A3, B1, B4 untuk pelaporan PPN bulanan.
• Laporan form 1771, I, II, III, IV, V, VI untuk pelaporan SPT badan tahunan.
• Semua report, setelah di-customized, bisa disimpan menjadi satu report yang baru
Lain-Lain:
• Template bisa set default template.
• Audit trail sekarang juga mencatat transaksi non jurnal.
• Graphical report yang lebih banyak dan informatif.
• Quick setup lebih lengkap, mudah dan mampu import dari berbagai macam file format.
• Penggantian bahasa (Indonesia ke Inggris dan sebaliknya) dapat dilakukan dengan 1 langkah mudah.
• Warna semua table bisa diganti dengan mudah.
• Semua form input sudah mempunyai tombol maximize dan minimize untuk mempermudah mengatur besar form.

1. MYOB Ver. 13




• Kelemahan:
1. Database MYOB merupakan database yang dikunci, artinya pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan, modifikasi field di MYOB, sehingga customization apabila diperlukan relatif sulit dipenuhi oleh MYOB.
2. MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada feature perpajakan di dalamnya. Pembuatan laporan yang berkaitan dengan perpajakan seperti form pelaporan PPN dan lainnya tidak tersedia di dalam MYOB dan harus dikelola di luar software MYOB.
3. Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka tidak dapat dipenuhi oleh MYOB. Contoh bidang usaha yang memerlukan antara lain adalah persewaan genset yang memerlukan pengelolaan keberadaan lokasi, maintenance, jenis barang dan lainnya.
4. Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
5. MYOB tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.

• Kelebihan:
1. Easy of use; MYOB menawarkan kemudahan dalam penggunaannya, artinya pengguna dapat mempergunakan MYOB walaupun yang bersangkutan tidak memiliki latar belakang pembukuan sama sekali. Kuncinya adalah setup dan implementasi yang baik. Hal tersulit dan yang paling penting dalam penerapan MYOB adalah pada saat proses setup, dimana proses bisnis yang ada di dalam perusahaan di otomatisasi dengan mempergunakan alat bantu MYOB, sehingga dalam pelaksanaan kesehariannya, pengguna hanya mengikuti proses bisnis yang telah disusun sebelumnya.
2. Accounting Power; Software MYOB telah cukup lama dikembangkan dan secara berkesinambungan mengeluarkan perbaikan release. Sehingga pengelolaan informasi dengan menggunakan software MYOB cukup dapat diandalkan. Sepanjang setup yang dilakukan telah dilakukan dengan baik dan benar, MYOB dapat mengeluarkan laporan yang dapat diandalkan.
3. Feature Job dan Category yang dapat digunakan untuk pengelolaan proyek serta departmentalisasi, sehingga dapat diperoleh laporan manajemen per proyek maupun per departmen yang berguna bagi manajemen untuk mengetahui kinerja dan sebagai dasar langkah perbaikan yang harus dilakukan.
4. Proses instalasi dan maintenance yang murah. Instalasi MYOB dapat dilakukan dengan mudah dan biasanya tidak dipungut biaya maintenance tahunan, artinya walaupun release terbaru telah dikeluarkan oleh MYOB, para pengguna release sebelumnya tetap masih dapat menggunakannya, dan apabila diperlukan bisa dilakukan pembelian upgrade dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan pembelian baru.
5. Tenaga kerja yang mengetahui dan paham atau setidaknya mengetahui MYOB cukup banyak ditemui di pasar. Telah banyak berkembang lembaga pendidikan baik lembaga kursus maupun lembaga pendidikan tingkat universitas yang mengajarkan software MYOB sebagai bagian dari pelajaran Accounting.
6. Dapat digunakan untuk memantau 3 tahun periode pembukuan, artinya dalam kurun 3 tahun manajemen masih dapat melihat transaksi selama 3 tahun kebelakang tanpa perlu melakukan proses tutup buku.
7. Nilai investasi yang relatif murah. Harga produk termahal adalah kurang dari USD 1.000,- (diluar training dan implementasi). Kuncinya adalah pelaksanaan setup dan implementasi. Pilihlah perusahaan yang memiliki tenaga yang telah memiliki pengalaman dalam melakukan implementasi MYOB. Lebih banyak perusahaan yang telah diimplementasikannya; tentunya lebih banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari pengalaman konsultan tersebut.
8. Jangka waktu implementasi yang relatif cepat. Sepanjang data untuk keperluan implementasi seperti data detail neraca dan rugi laba dapat anda siapkan dengan cepat; maka implementasi MYOB akan dapat diselesaikan dengan cepat pula.



• Kelebihan :
• Pengoperasian MOAE sangat mudah tanpa memerlukan pengetahuan akuntansi
• Dimana aplikasinya hanya memasukkan data transaksi dari data sumber (faktur, slip setor, dan nota-nota lainnya) tanpa harus melakukan penjurnalan terlebih dahulu.
• bisa secara otomatis menghasilkan laporan keuangan atau laporan lainnya sewaktu-waktu.
• menyediakan fitur pengelolaan data klien.

• Kelemahan:
• Dalam hal perpajakan (MOAE) tidak memfasilitasi kepentingan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia.
• Untuk fitur - fitur pajak yang tersedia yaitu dengan menginput tarif pajak tunggal yang ingin dibebankan terhadap suatu transaksi.



• Kelebihan:
• Sangat mudah sangat aplikatif bagi proses bisnis UKM di Indonesia
• Dalam hal kepentingan perpajakan, Accurate telah menyediakan fitur Pajak Penjualan (PPn) yang berlaku di Indonesia.
• Standar akuntansi yang digunakan pun sudah sesuai dengan standar akuntansi yang ada di Indonesia, terkait pencatatan dan pelaporan keuangannya.
• Nilai transaksi yang dapat dicover software ini bisa mencapai 15 digit atau setara dengan 920 triliun.

• Kelemahan:
• Untuk Harga sangat mahal:
• ACCURATE Standard Rp. 5.000.000, – 2 user(2 komputer)
• ACCURATE Project Rp. 8.000.000, – 2 user (2 komputer)
• ACCURATE Enterprise Rp. 25.000.000, – 5 user (5 komputer)
• ACCURATE Extra Licence Rp. 1.500.000/licence (penambahan komputer)




• Kelebihan:

• Respon cepat.
• Jarang terkena virus.
• Data akan tersimpan secara otomatis jika terjadi keadaan yang tak terduga, contohnya mati lampu.

• Kelemahan:
• Tampilan masih hitam putih
• Sangat sulit untuk di upgrade jika untuk pengembangan software ini.
• Masih memerluka printer yang lama(dot matrix).
• Zahir Accounting



• Kelebihan:
• Mudah digunakan oleh non Akuntan

• Kelemahan:
• Harga untuk licensinya mahal
• tidak dapat secara otomatis menghitung biaya perjam, perburuh, dan biaya2 lain pada akuntansi biaya, sebab biaya per satuan ini merupakan perhitungan alokasi biaya, bukan biaya sesungguhnya.
• Hanya memiliki satu mata uang.


Sofware ACCPAC


Kebutuhan accounting biasanya cukup standard dan dapat dipenuhi oleh banyak paket software. Ada beberapa accounting software yang dapat disejajarkan dengan ACCPAC dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tetapi melalui pengalaman kami dengan paket software, ada beberapa keuntungan menggunakan ACCPAC, misalnya:
• User interface yang baik sehingga sangat memudahkan user
• Fleksibilitas yang tinggi sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan di Indonesia
• Tersedia akses ke database sehingga memungkinkan user untuk menambahkan program baik untuk reporting maupun module sendiri.
• Crystal Report yang sudah termasuk dalam module ACCPAC sangat powerful dalam membuat report.
• Harganya yang lebih terjangkau dibanding dengan paket lain.
Dengan jumlah client lebih dari 500,000 di 100 negara, ACCPAC menjadi salah satu "best selling" software.

Selain memiliki modul-modul standard accounting seperti GL, AR, AP, Inventory, Order Entry, Purchase Order, Cashbook, ACCPAC juga didukung oleh third-party developers yang membuat bermacam-macam modul lainnya dari Project Costing dan Manufacturing System, sampai ke Inventory Modul khusus untuk Garment Industry.

Beberapa Kelebihan ACCPAC:

• Menggunakan ACCPAC dan modul tambahan untuk menghasilkan product cost (Harga Pokok Produksi)
• Mengintegrasikan software Payroll anda dengan ACCPAC
• Menciptakan informasi untuk executive seperti grafik-grafik finansial yang dapat ditampilkan di PC anda, dari data ACCPAC
• Membuat program alokasi biaya yang rumit dengan menggunakan formula dengan tambahan modul.

The Benefits
ACCPAC berfokus pada keuntungan client. Melalui "Creative Accounting Solution", banyak nilai tambah yang dapat dihasilkan untuk anda:

ACCPAC memberikan keuntungan paket software, seperti sistem yang sudah teruji, siap pakai, user friendly, dan feature yang sangat powerful.
Implementation service mereka dengan metode khusus memberikan anda implementasi yang cepat.

Kemampuan membangun modul tambahan memberikan nilai tambah yang sangat besar dalam memenuhi kebutuhan bisnis anda. Benefit ini dapat dilihat dari dua segi:
• Technology-to-problem. Dengan mengimplementasikan ACCPAC, banyak kemajuan yang dapat terjadi. Informasi dapat dihasilkan lebih cepat dan akurat, sitem control yang baik, dll.
• Problem-to-technology. "Creative Accounting Solution" digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang ada, misalnya masalah cost accounting.
The Case -- ACCPAC and Cost Accounting Module
Sebuah perusahaan manufacturing membutuhkan software accounting yang mudah digunakan dan dapat memenuhi kebutuhan informasi finansial dan manajemen perusahaan. Tetapi disamping laporan2 tersebut, manajemen juga berkeinginan untuk mendapatkan informasi Harga Pokok Produksi (cost accounting report) untuk barang yang diproduksinya.

Problem: Untuk dapat menghasilkan laporan Harga Pokok Produksi (HPP), dibutuhkan software manufacturing yang biasanya sangat kompleks dan mahal. Solusi yang dijanjikanpun biasanya tidak seperti yang diharapkan, dalam hal laporan HPP-nya.

Creative Solution: BSC (Perusahaan Pemilik ACCPAC) merekomendasikan untuk menggunakan ACCPAC software sebagai accounting softwarenya dan membuat add-on module sederhana untuk perhitungan HPP-nya. Module tambahan ini terintegrasi dengan ACCPAC, sehingga tidak ada double-entry.
Software akuntansi general ledger cocok digunakan untuk semua jenis usaha baik jasa, dagang maupun pabrik. Untuk semua skala usaha baik besar maupun kecil. Dan tersedia dalam dua pilihan versi: satu mata uang (singgle currency) dan banyak mata uang (multi currency).

Feature utama software akuntansi general ledger:
• Input Data Lebih Mudah. Selain menggunakan cara input journal biasa. Anda dapat men-design journal voucher yang umum digunakan. Dan menentukan user yang dapat menggunakan journal voucher tersebut. Proses input data menjadi sangat mudah. Bahkan dapat dilakukan sekalipun oleh orang yang minim pengetahuan accounting. Dan dapat mengurangi resiko kesalahan input data yang mungkin terjadi.
• Multi Currency, Kurs Tengah BI, Kurs Pajak. Software akuntansi general ledger mendukung penggunaan mata uang asing (jenis mata uang tidak terbatas). Dan sesuai standard penerapan akuntansi Indonesia menyediakan dua pilihan kurs: Tengah BI dan Kurs Pajak. Dengan proses perhitungan revaluasi (adjustment selisih kurs) otomatis di akhir bulan.
• Pendapatan Biaya Proyek, Cabang. Menggunakan fungsi Cost Profit Center yang ada. Anda dapat mengetahui pendapatan biaya ("rugi laba") proyek, cabang, divisi, unit usaha, dsb dengan mudah.
• Penomoran Account Flexible. Format penomoran account, standard digit grouping account, karakter pemisah, struktur hirarki level group dan sub account bisa di setup sesuai kebutuhan usaha.
• Integrated AR Dan AP.Software akuntansi GL (General Ledger) sudah terintegrasi langsung dengan modul AR (Account Receivable) dan AP (Account Payable) aging schedule dan payment.
• Multi User. Sistem general ledger dapat diakses oleh banyak user secara bersamaan. Dengan proteksi nama dan password untuk setiap user pengguna. Hak akses setiap user dapat ditentukan dan dibatasi secara rinci. Dilengkapi fungsi audit trail untuk mencatat aktifitas user.
• Export Laporan Ke Excel. Laporan selain dapat di print dan tampilkan (preview) ke layar. Dapat di export dan simpan dalam bentuk document Microsoft Excel.
• Open Integrasi Sistem Lain. Dengan tersedianya SDK (Software Development Kit) memungkinkan software akuntansi general ledger digabungkan ("integrasikan") dengan sistem yang ada saat ini. Atau kebutuhan sistem baru dimasa datang (atau software vendor lain).
• Database Khusus Financial Accounting. Menggunakan database khusus untuk pengolahan data financial accounting skala besar Microsoft SQL Server (tersedia pilihan free edition). Dapat sepenuhnya menjaminan akurasi perhitungan dan melindungi anda dari masalah kerusakan data, kehilangan data, dsb.

Referensi :
• http://www.caplus.com/video/Accpac/General_Ledger54.swf
• http://blackangelfive.blogspot.com/
• http://poetragans.blogspot.com/2011/01/sia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar