Jumat, 27 Juni 2014

Manusia dan Tanggung Jawab

Setiap manusia pasti memiliki tanggung jawab, tanggung jawab untuk diri sendiri, orang lain, bahkan kepada Tuhan. Tanggung jawab saya saat ini sebagai mahasiswa dan sebagai karyawan. Saya harus menjalankan pekerjaan saya dengan  bekerja dengan baik sesuai dengan prosedur perusahaan dimana saya bekerja. Tentunya bila saya melakukan hal-hal yang menyimpang dengan peraturan perusahaan maka saya nanti mendapat sangsi. Perusahaan bisa saja menegor saya bahkan bila saya masih tetap melanggar, saya mungkin bisa diberhentikan dalam bekerja.

Tanggung Jawab Dalam Bekerja
Saya saat ini bekerja di PT. Sinar Mas Andhika, yang  bergerak dalam distributor dan supplier barang-barang. Disana saya bekerja dengan tanggung jawab saya sebagai admin di perusahan saya bekerja. Saya harus datang bekerja tidak boleh masuk lebih dari jam 09.30 dan pulang jam 17.00. Disitu saya harus menjalankan tanggung jawab saya sebagai karyawan.

Tanggung Jawab Sebagai Mahasiswi
Setelah saya bekerja saya bertanggung jawab sebagai mahasiswi di Universitas Gunadarma. Setelah saya lulus D3 saya lalu bekerja dan saya memutuskan untuk meneruskan pendidikan S1 saya mengambil jurusan Sistem Informasi dan kuliah malam. Sebagai mahasiswi saya harus menjalani kuliah dari senin sampai minggu dengan tugas-tugasnya yang menumpuk, kuis dan ujian-ujiannya. Saya pikir kuliah malam akan sedikit santai ternyata tidak yang saya bayangkan. Tapi semua itu harus saya jalani karena itu tanggung jawab saya sebagai mahasiswa. Demi mendapatkan jenjang pendidikan Strata 1.

Tanggung Jawab Pada keluarga
Saya juga bertanggung jawab terhadap keluarga. Sebagai anak saya harus membawa nama baik keluarga saya. Dengan bersikap sopan dan santun. Sebagai anak saya juga harus membantu orang tua saya dengan membantu pekerjaan rumah tangga. Dengan berbakti kepada orang tua saya, mudah-mudahan membawa keberkahan dikehidupan saya sekarang, masa depan dan akherat nanti.

Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat
Saya sebagai makhluk sosial tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, untuk itu kita hidup bermasyarakat. Melakukan kegiatan di masyatakat apa yang kita lakukan tentunya nanti bisa berdampak di masyarakat. Bisa membawa kebaikan di masyarakat, bisa berdampak buruk di masyarakat dengan mendapat sangsi sosial atau hukum.

Tanggung Jawab Terhadap Negara
Saya sebagai warga negara bertanggung jawab bisa dengan membayar pajak. Dengan itu bisa membantu membangun sarana dan prasarana negara.

Tanggung Jawab Terhadap Tuhan
Sebagai manusia saya bertanggung jawab terhadap Tuhan. Dengan apa yang saya lakukan di kehidupan saya, nanti Tuhanlah yang akan menilai. Dengan menjalani prinsip hidup saya berdoa, membaca firman dan berusaha. Semoga Tuhan menyertai kehidupan saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar